Cara Pernapasan Perut dalam Bernyanyi

Cara Pernapasan Perut dalam Bernyanyi

Pernapasan perut dalam bernyanyi merupakan teknik bernyanyi yang sering dipakai. Pernapasan perut juga berkaitan dengan diafragma sehingga poin penting dari pernapasan perut adalah diafragma. Diafragma merupakan lapisan otot yang memisahkan tempat jantung, paru-paru, rongga dada, dan organ-organ di dalam tubuh. Diafragma juga dikenal sebagai penyebab cegukan dan kejang. Namun, diafragma sangat berguna untuk menyanyi. Teknik bernyanyi yang benar dipengaruhi oleh pernapasan perut. Pernapasan perut sangat erat kaitannya dengan diafragma. Otot-otot diafragma akan memaksa udara dari paru-paru ke pita suara Anda. Sehingga jika Anda ingin bernyanyi dengan baik, maka belajarnya untuk memperkuat otot diafragma. Bagaimana caranya? Ini dia.

Cara Pernapasan Perut dalam Bernyanyi

Cara Memperkuat Otot Diafragma untuk Bernyanyi

Pertama-tana Anda harus tahu dimana posisi otot diafragma. Otot ini berbeda dengan otot bisep sehingga mungkin Anda akan kesulitan untuk merasakan otot diafragma. Namun sangat penting untuk mengetahui lokasinya. Dengan cara inilah maka Anda dapat memperkuat otot diafragma untuk bernyanyi. Otot diafragma harus stabil dan kuat agar cara pernapasan perut dalam bernyanyi semakin baik. Otot ini juga harus mampu menjadi fondasi untuk suara yang keluar lewat kolom udara. Jika Anda masih belum bisa menemukan otot diafragma maka berbaringlah di tempat yang daatr dan letakkan sebuah beban di atas pertu Anda seperti buku. Lalu dorong buku tersebut ke atas dengn menggunakan otot perut. Pada saat yang bersamaan, hiruplah udara ke dalam paru-paru Anda hingga penuh. Setelah itu bernyanyilah, otot yang Anda gunakan pada saat bernyanyi adalah diafragma.

Cara selanjutnya adalah menguatkan pernapasan diafragma. Latihlah diafragma secara teratur. Saat Anda sudah belajar untuk bernapas dengan benar, maka Anda perlu menguatkan otot diafragma. Ambilah napas dalam-dalam dari diafragma. Ada juga latihan “susu kocok” yaitu Anda berpura-pura sedang menghisap melalui sedotan. Pundak dan dada Anda harus stabil. Lalu tahan tangan Anda di daerah perut untuk mengecek apakah ada pergerakan. Masih ada lagi cara pernapasan perut dalam bernyanyi yang bisa Anda pelajari hanya di Yamaha Musik Indonesia yang sudah terbukti professional di bidangnya.

Baca juga: Cara Menyanyi Nada Tinggi Lewat Falsetto

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *