Perawatan piano setelah melalui proses pemindahan

Perawatan piano setelah melalui proses pemindahan

Apakah piano perlu disetel setelah dipindahkan?  ini sering sekali diajukan oleh mereka yang baru memiliki piano. Maklum mengingat harga piano yang mahal membuat kita harus berhati-hati memperlakukannya, salah-salah bisa tekor mengeluarkan dua kali lipat hanya untuk memperbaiki salah satu bagiuan yang rusak. Perawatan piano yang tepat juga pada akhirnya memainkan peran penting dalam penjagaan kualitas piano.

Kembali lagi ke pertanyaan awal, jawabannya tuning atau penyetelah itu tidak wajib dilakukan bergantung pada kondisi yang ada. Piano adalah instrumen yang kompleks, dengan lebih dari 200 string individu dan ribuan bagian yang bergerak. Setiap senar harus dengan susah payah disesuaikan untuk menempatkan piano selaras. Bahkan perubahan terkecil dalam ketegangan string dapat didengar oleh telinga yang terlatih.

Perawatan piano setelah melalui proses pemindahan

Lantas pasti terpikir dibenakmu bahwa membawa piano dan menempatkannya dalam kendaraan yang melaju pada jalanan terjal akan memengaruhi kondisi piano itu sendiri. Namun, piano sebenarnya cukup tangguh. Mereka dibangun untuk menahan hingga 20 ton ketegangan string dan penggunaan berat, sehingga gerakan fisik piano biasanya memiliki sangat sedikit efek pada penyetelan atau penyesuaian lainnya.

Ini adalah perubahan iklim yang terkait dengan perpindahan, bukan gerakan yang sebenarnya itu sendiri, yang membuat piano tidak selaras. Perbedaan substansial dalam kelembapan antara lokasi sebelumnya dan rumah barunya akan mengubah bentuk papan suara piano, mengubah ketegangan pada senarnya. Jadi penyetelan sebagai bagian dari perawatan piano perlu dilakukan ketika piano berpindah dari tempat yang berbeda iklim.

Misalnya, piano yang disetel dengan baik bergerak lima puluh mil dari apartemen kering yang dipanaskan ke rumah yang sejuk dan lembap akan terdengar baik segera setelah pindah. Tetapi seminggu kemudian, setelah disesuaikan dengan kelembaban yang lebih tinggi, piano akan terdengar tidak selaras. Bahkan memindahkan piano dari satu ruangan ke ruangan lain di gedung yang sama dapat mempengaruhi jika pola pemanasan atau AC berbeda.

Pengecualian adalah piano vertikal. Karena mereka memiliki empat kaki (grand memiliki tiga), mereka kadang-kadang cukup fleksibel untuk mengubah pola tuning mereka segera jika pindah ke lantai yang tidak rata. Memindahkan piano kembali ke permukaan yang rata akan mengembalikan penyeteman ke normal. Hal ini paling terlihat dengan spinet dan konsol yang dibangun secara ringan, dan dapat terjadi hanya dengan menggerakkan piano beberapa inci jika satu kastor berguling dari karpet atau ke titik rendah di lantai.

Jadi, apakah kita harus menyetel piano Anda setelah memindahkannya? Piano perlu penyetelan berkala, apakah mereka dipindahkan atau tidak, karena ini menjadi bagian dari perawatan piano berkelanjutan.

Baca juga: Cara bermain piano dengan baik menggunakan tangan kiri

jadi kemungkinan piano yang baru saja dipindahkan sudah harus disetel sebelum pindah. Biarkan piano menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya selama satu atau dua minggu, kemudian menyetelnya. Di sisi lain, jika piano baru-baru ini disetel sebelum pindah, kita mungkin harus menunda dan melihat bagaimana bunyi piano setelah beberapa minggu. Jika iklim lokasi baru mirip dengan yang lama, piano  mungkin akan terdengar baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *