Cara Belajar Menyanyi dengan Nada Tinggi Teknik Whistle Register

Cara Belajar Menyanyi dengan Nada Tinggi Teknik Whistle Register

Pernah dengar Georgia Brown? Dialah sang pemilik suara tertinggi (8 oktaf) yang meraih penghargaan Guinness World Record. Jika belum, tentu Anda tahu Agnes Monica dong. Dalam lagunya yang berjudul ‘Karena Ku Sanggup’ atau ‘Matahariku’, ada bagian dimana ia menyanyikan lagu dengan nada yang begitu tinggi. Nah, suara melengking milik Georgia Brown dan Agnes Monica itu dilakukan dengan menggunakan teknik vokal bernama Whistle Register. Cara belajar menyanyi nada tinggi memang sangat sulit dan jarang sekali ada orang yang bisa menjangkaunya hingga lebih dari 4 oktaf, namun bukan berarti mustahil bagi Anda.

Cara Belajar Menyanyi dengan Nada Tinggi Teknik Whistle Register

Apa sih whistle register itu? Sesuai dengan dengan makna literalnya, whistle berarti peluit. Ya, teknik ini memang menghasilkan suara melengking tinggi bagaikan peluit. Jika penasaran atau ingin mengetahui cara belajar menyanyi nada tinggi seperti ini, Anda bisa dengar lagu Agnes Monica yang telah disebutkan tadi atau suara milik Georgia Brown. Secara alami, sejak bayi semua manusia sebetulnya memiliki register ini. Namun, seiring beranjak dewasa kemampuan ini akan hilang dengan sendirinya, terutama pada pria. Sedangkan, pada perempuan suara ini masih bertahan dan dapat dimunculkan kembali dengan seringnya latihan.

Sama seperti register vokal lainnya, whistle register dapat dimulai dari titik nada yang berbeda-beda. Umumnya whistle register dinyanyikan pada nada di atas “C tinggi” (C6) dan memanjang sampai sekitar “D tinggi” (D7). Hanya saja, ada beberapa kasus langka yang dapat memperpanjang range whistle jauh lebih tinggi atau jauh lebih rendah dari batas yang digunakan pada umumnya.

Cara belajar menyanyi nada tinggi menggunakan teknik vokal ini tentu harus dipelajari di tempat-tempat kursus vokal terpercaya dan memiliki kualitas tinggi, sekelas Yamaha Musik Indonesia yang merupakan pioneer tempat kursus musik di Indonesia. Sebab, tidak sembarang orang mampu mempraktikkan teknik whistle register. Yamaha memiliki pelatih vokal level tinggi yang mampu berbagi ilmu macam-macam teknik vokal. Anda tentu bisa mendapatkan pelatihan vokal serta arahan secara intensif dan sangat mudah dipahami. Yuk, daftar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *