3 Jenis Alat Musik Tradisional NTT

3 Jenis Alat Musik Tradisional NTT

Indonesia memang memiliki kekayaan budaya yang sangat luar biasa. Masing-masing daerah di Indonesia memiliki adat serta tradisinya tersendiri meliputi berbagai hal, salah satunya musik. Anda dapat menemukan alat-alat musik tradisional yang berbeda-beda di tiap wilayah di Indonesia. Di daerah Nusa Tenggara Timur dapat ditemukan banyak alat musik tradisional yang sulit Anda temukan di daerah lainnya. Alat musik tradisional NTT ini banyak macamnya, mulai dari alat musik petik, gesek dan tiup.

3 Jenis Alat Musik Tradisional NTT

Alat Musik Tradisional NTT yang Dimainkan dengan Dipetik

Diantara banyaknya alat musik tradisional di NTT ada beberapa jenis alat musik yang bisa Anda mainkan dengan cara dipetik. Alat musik tradisional ini masih dibuat menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah ditemui di sekitar. Beberapa dari alat musik ini mungkin masing asing dan belum pernah Anda dengar sebelumnya, yaitu:

  • Sasando

Bentuk alat musik ini cukup unik yaitu berupa bambu berbentuk silinder yang diletakkan di dalam wadah dari anyaman daun lontar. Anyaman daun lontar ini disebut sebagi haik.  Haik yang berbentuk setengah lingkaran ini berfungsi untuk resonansi suara yang keluar dari petikan dawai pada bambu. Alat musik petik ini menghasilkan suara dari getaran dawai yang dimainkan dengan jari. Sasando ini bisa dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung pada jumlah dawai yang dimiliki.

  • Leko Boko

Alat musik ini cukup unik karena dibuat dari bahan berupa labu hutan, usus kuskus dan kayu. Kayu dibuat sebagai bahan tempat rentangan dawai, labu hutan sebagai wadah resonansi serta usus kuskus sebagai bahan dawai. Leko Boko memiliki jumlah dawai sebanyak 4 buah yang dimainkan dengan dipetik. Alat musik ini biasanya dimainkan bersama dengan iringan heo.

  • Sowito

Alat musik tradisional NTT ini terbuat dari batang bambu yang dikupas kulitnya. Pada bagian kupasan kulit tadi diselipkan sebuah batang kayu berukuran kecil yang berfungsi sebagai dawai penghasil suara. Satu ruas bambu pada sowito menghasilkan satu jenis suara Alat musik ini mainkan dengan cara dipetik menggunakan sebatang kayu kecil berukuran sekitar 30 cm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *