Sejarah Musik Jazz dari New Orleans Hingga Seluruh Dunia

Sejarah Musik Jazz dari New Orleans Hingga Seluruh Dunia

Muzik jazz merupakan gabungan dari beberapa genre antara lain ragtime, musik khas Eropa dan blues. Jazz memiliki beberapa subgenre antara lain swing, dixieland, cool jazz, hard boop, smooth jazz, dan jazz fusion. Sejarah muzik jazz itu sendiri berawal dari abad ke 20 yang terimnspirasi dari musik khas Eropa dan Afrika sehingga banyak memainakn alat musik seperti terompet, piano, gitar, saksofon, dan trombon. Dapat dikatakan bahwa musik jazz adalah musik yang merefleksikan perasaan milik musisi yang susah dijelaskan, dan hanya alunan musik jazz yang mampu menggambarkannya. Oleh sebab itu, seni dari musik jazz adalah melodi spontan, improvisasi, dan komposisi yang khas.

Sejarah Musik Jazz secara Singkat

Sejarah Musik Jazz dari New Orleans Hingga Seluruh Dunia

New Orleans adalah kawasan dimana sejarah musik jazz mulai berkembang yang kemudian merambah ke kawasan Sungai Mississippi, St. Louis dan bermuara di Chicago. Musik Afrika dan Eropa yang tumbuh di New Orleans memberikan pengaruh besar bagi awal perkembangan musik jazz.  Kemudian pada tahun 1920-an musik jazz sudah dikenal secara luas oleh masyarakat Amerika sekaligus tahun tersebut disebut sebagai jazz age. Puncak ketenaran musik jazz yakni akhir tahun 1950-an sekaligus awal terbentuknya jazz modern. Perkembangan musik jazz pun dipengaruhi oleh musik blues khususnya cara improvisasi dan jam session. Oleh sebab itu, musik blues menjadi standar permainan musik bagi musisi jazz.

Secara garis besar, sejarah musik jazz terbagi menjadi beberapa era antara lain era Dixieland dan Ragtime yang mengawali awal musik jazz pada abad ke 20, kemudian era Swing dan Bigband pada tahun 1920-1940, lalu era Bebop pada pertengahan tahun 1940. Era setelahnya adalah Latin Jazz pada tahun 1950 sampai 1960-an kemudian dilanjutkan dengan era Jazz Rock/Fusion pada tahun 1970-an. Semua fase perkembangan jazz tersebut pada akhirnya mengarah pada era baru di dunia jazz yang menghasilkan jenis jazz lain seperti funk jazz, acid jazz, dan cross music. Selanjutnya, musik jazz berkembang pesat dan tetap menjadi musik favorit banyak kalangan sampai detik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *