Perawatan Khusus untuk Bayi Umur 1 Bulan

Perawatan Khusus untuk Bayi Umur 1 Bulan

  • Berikan ASI secara Teratur

Bayi umur 1 bulan masih mengandalkan ASI sebagai asupan makanan utama. ASI memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap bagi bayi usia ini sehingga mampu merangsang pertumbuhannya dengan baik. Oleh sebab itu berikanlah ASI sedikit demi sedikit namun teratur. Pola seperti itu cocok untuk bayi yang masih memiliki lambung kecil.

  • Nyamankan Bayi saat Tidur

Tidur merupakan kegiatan utama bayi karena membantu dalam hal tumbuh kembangnya. Bayi yang masih 1 bulan cenderung menghabiskan harinya dengan tertidur apalagi saat malam hari. Oleh sebab itu, aturlah tempat tidur bayi senyaman mungkin sehingga tidak membuat bayi terbangun pada malam hari. Selain itu, usahakan bayi dekat dengan Anda ketika tidur sehingga mudah dipantau.

  • Banyak Berinteraksi dengan Bayi

Walaupun belum bisa memproduksi kata, namun tetap ajaklah bayi Anda berinteraksi. Hal tersebut juga sebagai upaya untuk merangsang kemampuan pendengaran, dan juga menyiapkan nantinya ketika anak menuju tahap pemerolehan bahasa. Sering-seringlah ajak bayi mengobrol ketika terjaga sembari menunjukkan mainan yang memiliki bentuk lucu.

  • Imunisasi

Kesehatan adalah prioritas utama sehingga jangan lupa untuk menjalani imunisasi. Selain imunisasi, usahakan selalu menjauhkan bayi dari orang sekitarnya yang sedang sakit karena bayi masih rentan tertular. Selanjutnya, usahakan bayi selalu dalam keadaan yang hangat dan terlindungi dengan memakaiakan pakaian yang menutupi tubuh, kaos kaki, kaos tangan serta penutup kepala.

  • Ajak Bayi Bercanda

Perlu diketahui bahwa bayi umur 1 bulan rentan terhadap kolik. Tanda-tanda dari kolik tersebut adalah bayi terlihat sangat tenang, dan pasif sehingga kurang ekspresif. Guna mencegah hal tersebut, seringlah ajak bayi Anda bercanda sampai dia tersenyum atau tertawa.

baca juga : latih anak untuk dapat bersekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *