Jenis Speaker Mobil dan Fungsinya

Jenis Speaker Mobil dan Fungsinya

speaker mobil

Salah satu perangkat hiburan yang ada dalam sebuah mobil adalah speaker. Perangkat audio yang juga menjadi salah satu hal yang sering dipertimbangkan dalam memilih mobil. Piranti ini merupakan satu kesatuan dari sistem audio video di dalam mobil yang terdiri dari head unit dan speaker mobil. Pabrikan mobil umumnya menggunakan speaker standar untuk pelengkap sistem audio. Namun ada beberapa jenis speaker yang bisa digunakan untuk memaksimalkan output suara dari head unit agar lebih mantap. Berikut adalah beberapa jenis speaker dan fungsinya masing-masing.

Jenis Speaker dan Fungsinya

Jenis speaker yang pertama adalah full range yakni speaker yang terdiri dari tweeter, midbass, dan woofer. Speaker yang satu ini adalah jenis speaker yang paling umum digunakan oleh pabrikan mobil. Speaker standar tersebut biasanya ditempatkan di dinding atau doortrim. Speaker full range ini biasa dijumpai di bagian pintu kemudi, pintu penumpang belakang, dan penumpang depan. Jenis  speaker mobilini sudah lengkap untuk kebutuhan suara vokal, treble, dan bass dalam satu perangkat audio. Selanjutnya ada jenis speaker tweeter yang ciri khasnya adalah ukuran speaker yang lebih kecil dibanding full range. Umumnya jenis speaker ini ditempatkan sebagai pilar A di dalam mobil dan fungsinya untuk mengeluarkan suara treble pada musik. Walaupun bukan speaker standar, beberapa mobil kelas menengah atas sudah melengkapi kendaraannya dengan jenis speaker tweeter ini.

Jenis speaker yang terakhir adalah speaker subwoofer. Fungsinya adalah untuk menghasilkan suara bas yang lebih mantap dari sebuah audio mobil. Pada awalnya speaker ini dikenal dengan ukurannya yang besar dan biasa ditempatkan di bagian bagasi belakang. Namun kini subwoofer sudah banyak dijual dengan ukuran yang lebih ringkas. Cocok untuk tambahan perangkat audio di dalam kendaraan kesayangan Anda. Subwoofer yang lebih ringkas ini pun sudah bisa ditempatkan di kolong jok kemudi atau di kolong jok penumpang. Jenis speaker subwoofer ini belum banyak digunakan sebagai speaker mobilpabrikan. Jadi Anda bisa membelinya terpisah untuk melengkapi sistem audio video di dalam mobil.

Baca juga : Lakukan 5 Tips Cek Kualitas Speaker Mobil Supaya Karaokean Makin Asik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *