Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap untuk Anak

Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap untuk Anak

imunisasi dasar lengkap

Pemerintah menganjurkan pemberian imunisasi dasar lengkap untuk bayi hingga anak-anak. Imunisasi tersebut dilakukan untuk mencegah bayi atau anak terinfeksi oleh penyakit menular. Anak yang tidak diberi suntikan vaksin memiliki risiko yang lebih tinggi terkena penyakit. Tertular virus atau bakteri yang bisa saja membuat anak cacat dan bahkan berakibat pada kematian. Kementerian kesehatan merekomendasikan jadwal pemberian imunisasi untuk pencegahan berbagai penyakit menular. Penyakit-penyakit yang disebarkan oleh virus atau bakteri yang berbahaya untuk kesehatan si kecil. Berikut adalah beberapa tujuan pemberian imunisasi atau vaksinasi untuk anak-anak.  

Manfaat Imunisasi untuk Kesehatan Anak

Secara umum, imunisasi bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi dan anak terhadap suatu penyakit. Imunisasi dilakukan dengan memberikan vaksin untuk membentuk antibodi anak dalam kadar tertentu. Vaksinasi wajib atau imunisasi dasar lengkapyang direkomendasikan pemerintah antara lain bertujuan untuk pencegahan penyakit hepatitis B, polio, campak, tuberkulosis, difteri, tetanus, pertusis atau batuk rejan, dan meningitis. Penyakit-penyakit tersebut rentan menyerang anak-anak.

Melalui imunisasi, anak-anak akan lebih terlindungi bahkan untuk masa mendatang. Saat bayi dilahirkan, orang tua memiliki risiko menularkan penyakit hepatitis pada si kecil. Oleh sebab itu, dalam waktu 12 jam setelah lahir, bayi harus diberi vaksin Hepatitis B sebagai imunisasi wajib yang pertama. Selanjutnya ada imunisasi BCG dan polio yang wajib diberikan untuk bayi usia 1 bulan. Imunisasi tersebut bertujuan agar anak tidak mengalami lumpuh layu karena infeksi polio dan untuk mencegah perkembangan bakteri tuberkulosis yang dapat menyerang paru-paru.

Imunisasi wajib seperti DPT untuk anak-anak bermanfaat sebagai pencegahan penyakit difteri, tetanus, dan pertusis atau batuk parah. Manfaat lain dari imunisasi adalah untuk mencegah infeksi Haemophilus influenza, bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pneumonia, radang sendi, dan perikarditis. Pencegahan penyakit-penyakit tersebut dapat diupayakan dengan imunisasi HiB sejak bayi berusia 2 bulan. Anda bisa membawa bayi atau anak untuk imunisasi dasar lengkapagar mereka lebih terlindungi. Patuhi jadwalnya untuk melindungi kesehatan buah hati dari berbagai penyebaran penyakit berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *